Jl. RC. Veteran Raya, Bintaro Jakarta Selatan
Senin - Sabtu 08.00 - 18.00

Info Kesehatan

Bimbingan Persiapan Akreditasi di RS dr. Suyoto

Pada tanggal 2 Februari 2019, Rumah Sakit dr. Suyoto mengadakan bimbingan untuk persiapan akreditasi. Pembimbing yang memberikan materi bernama DR. Dr. Sutoto, M.Kes. Kegiatan ini dihadiri oleh pejabat Rumah Sakit dr. Suyoto, seperti Kepala Rumah Sakit dr. Suyoto, Wakil Kepala Rumah Sakit dr. Suyoto Bidang Pelayanan Medis, Wakil Kepala Rumah Sakit dr. Suyoto Bidang Penunjang Medik, beserta jajaran staf lainnya. Bimbingan Persiapan Akreditasi ini difokuskan pada pasien di bidang perawatan. Pokja yang terkait pada bimbingan ini adalah SKP, ARK, HPK, AP, PAP, PAB, PKPO, dan MKE.

Standar Akreditasi Rumah Sakit berganti nama menjadi Standar Nasional Akreditasi Rumah Sakit yang berlaku mulai tanggal 1 Januari 2018. Tujuan dilakukannya akreditasi di rumah sakit adalah untuk meningkatkan standar akreditasi yang sudah ada. KARS harus memiliki standarnya sendiri yang mengacu pada standar internasional dari ISQua. Penyusunan SNARS edisi 1 mengambil acuan yaitu, prinsip-prinsip standar akreditasi dari ISQua, peraturan perundang-undangan yang termasuk pedoman dan panduan yang dilaksanakan di rumah sakit di Indonesia, standar akreditasi JCI edisi 4 dan edisi 5, standar akreditasi rumah sakit KARS versi 2012, dan hasil kajian survei dari standar dan elemen yang sulit dipenuhi oleh rumah sakit di Indonesia. Perbedaan antara SNARS edisi 1 dengan KARS versi 2012 adalah bahasa, substansi, dukungan pada program nasional, dan penyajian.

SNARS edisi 1 berisi kelompok standar pelayanan yang berfokus pada pasien, kelompok standar manajemen rumah sakit, sasaran keselamatan pasien, program nasional, dan integrasi pendidikan kesehatan dalam pelayanan. SNARS menggunakan penataan dokumen secara SISMADAK. Keuntungan penggunaan SISMADAK adalah pencarian lebih mudah, biaya murah, historical, dapat diakses melalui intranet/internet, mengurangi penyebaran virus, terintegrasi, dan pengumpulan dokumen antar pokja menjadi lebih mudah.

Share this post

Leave a Reply