Jl. RC. Veteran Raya, Bintaro Jakarta Selatan
Senin - Sabtu 08.00 - 18.00

Info Kesehatan

Baksos Katarak 2018

Katarak merupakan kondisi kekeruhan lensa pada mata yang mepengaruhi penglihatan. Biasanya disebabkan oleh faktor penuaan dan sangat umum terjadi pada orang tua. Katarak dapat terjadi pada salah satu atau kedua mata dan tidak dapat menyebar dari satu mata ke mata lain.

Seiring dengan bertambahnya usia, protein yang membentuk lensa mata mengumpul dan mengaburkan area lensa hingga membuat seseorang sulit untuk melihat. Beberapa gejala katarak berupa; warna yang dilihat oleh mata tampak pudar, merasa silau ketika melihat sumber cahaya seperti matahari atau lampu dan muncul lingkaran cahaya, penglihatan malam yang buruk, penglihatan ganda atau banyak gambar dalam satu mata. Gejala ini akan semakin terasa jelas ketika katarak semakin matangMenurut penuturan Prof. dr. Suhardjo, Sp.M (K), lebih dari 50% kasus kebutaan yang ada di Indonesia disebabkan oleh katarak. Sedangkan katarak sendiri bisa disembuhkan dengan operasi, kecuali ada penyakit di luar katarak yang menimbulkan kebutaan. Selain itu, Prof. dr. Suhardjo, Sp.M (K) juga menambahkan alasan utama penderita katarak belum dioperasi adalah karena ketidaktahuan, ketidakmampuan, dan ketidakberanian. Dan diperkirakan setiap tahunnya kasus baru buta katarak di Indonesia bertambah sebesar 0,1% dari jumlah penduduk Indonesia atau sekitar 250.000 orang per tahun.

Baksos  Katarak 2018 merupakan Bakti Sosial yang diadakan oleh GKI Pondok Indah ke 10 kalinya bekerja sama dengan PERDAMI (Persatuan Dokter Mata seluruh Indonesia) dan ke-7 kalinya bekerja sama dengan  RS. dr. Suyoto, Bintaro. Peresmian pembukaan kegiatan bakti sosial bertempat di Hydro Therapy Rehab Medik Rumah Sakit dr. Suyoto dan dibuka oleh Kapusrehab RS dr. Suyoto,Brigjen TNI dr. Achmad Dewanto, Sp.PD. Sebagai perwakilan dari GKI Pondok Indah dihadiri oleh Bapak Gema Suria, sedangkan perwakilan dari PERDAMI dihadiri oleh dr. Syahbudi Saleh, SP.M. Juga turut hadir dalam acara pembukan bakti sosial ini yaitu Ibu Neneng Gunadi selaku Ketua Panitia Bakti Sosial Operasi Katarak Gratis GKI Pondok Indah dan dr. Sudarsono, Sp.RM selaku Kepala Rumah Sakit dr. Suyoto beserta dr. Orie Tresia, MARS selaku Ketua Panitia Bakti Sosial Operasi Katarak Gratis RS dr. Suyoto dan Panitia Operasi Katarak Gratis. Kegiatan baksti social Operasi Katarak dilaksanakan pada tanggal 03 Nopember s.d 04 Nopember 2018. Yang diikuti oleh 96 pasien, namun ada 1 pasien yang tidak dioperasi karena gula darahnya naik pada hari pelaksanaan bakti sosial. Dan dalam pelaksanaan tidak ada hambatan apapun.

Share this post

Leave a Reply